Sunday, January 25, 2015

Walking in the Tea Garden, Harmoni Tradisi di Kebun Teh Semugih

Siapapun pasti tahu bahwa kebun teh pasti memberikan kesejukan dan nuansa harmoni pedesaan. Tidak heran, dalam peringatan hari ulang tahun Kabupaten Pemalang yang ke 440 pada 18 Januari 2015, diwarnai juga dengan adanya prosesi Walking in the Tea Garden bersama Bapak Bupati Kabupaten Pemalang. 
Walking in the Tea Garden merupakan sebuah prosesi jalan sehat di areal kebun teh yang berada di salah satu sudut Kabupaten Pemalang. Tepatnya di Kebun Teh Semugih yang terletak di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga. 
Menyusur Kebun Teh Semugih (Sumber: kabarpemalang.com)
Bapak Bupati Pemalang - lebih dekat dengan pemetik teh (sumber: PTPN IX)
Tari Sintren (Sumber: PTPN IX)
Dalam prosesi tersebut, tidak hanya Bapak Bupati yang hadir, tetapi juga Ibu Bupati dan perangkat pemerintah, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan perangkat desa, serta para pejabat dan karyawan PTPN IX. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Bupati dan peserta Walking in the Tea Garden bisa mengenal lebih dekat dengan para pemetik teh. Walking in the Tea Garden juga menjadi ajang untuk pelestarian budaya. 

Setelah menyusur kebun teh dan menikmati hamparan kesejukan kebun teh yang menghijau segar, ada hiburan tari sintren di lapangan Kantor PTPN IX. Tari sintren tersebut sudah dikombinasi menjadi pertunjukan yang disebut dengan tarian Silakupang (tarian sintren, lais (penari sintren pria), dan kuda kepang). Tidak lupa, Bapak Bupati menyempatkan diri untuk ngibing dengan penari. 
Nasi Grombyang (Sumber: palingindonesia)
Dan, pastinya, sajian kuliner tradisional berupa bodin bakar (ketela bakar), tahu campur, nasi gombyang, jagung bakar, dan minuman teh begug (teh tanpa gula yang diseruput dengan mengunyah gula merah/gula jawa) juga turut menyemarakkan acara Walking in the Tea Garden tersebut. 

Sekilas tentang Kebun Teh Semugih 

Hamparan Hijau dalam Harmoni Kebuh Teh Semugih (Sumber: kabarpemalang.com)
Kebun Teh Semugih merupakan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX. Menempati area sekitar 400 hektar, Kebuh Teh Semugih, menampilkan hamparan kesejukan dan harmoni hijau segar. Kebun Teh Semugih tidak hanya menawarkan hamparan hijau kebun teh dengan senyum dan semangat hidup para ibu pemetik teh. Sehingga pengunjung dapat mengetahui cara pemetikan teh dan budidaya teh secara langsung di kebun.
Kebuh Teh Semugih juga menghadirkan pabrik teh yang mengolah teh hasil kebun. Hasil produksi teh tersebut selanjutnya didistribusikan ke di wilayah domestik, dan bahkan mayoritas ditujukan untuk pasar internasional semacam Rusia, Amerika, Pakistan, dan Inggris. 
Teh Serbuk Semugih (Sumber: PTPN IX)
Hanya itu saja? Tentu saja tidak. 
Kebun Teh Semugih juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi atau darmawisata. Berwisata sambil belajar dan melibatkan aktivitas pembelajaran. Bahkan di sini juga ada Pondok Wisata Simadu, sebuah unit kebun teh yang dikelola sebagai tempat praktik para siswa SMK Pariwisata Liberty Pemalang.
Pula, Kebun Teh Semugih juga menyediakan ragam sarana outbond seperti flying fox dan jembatan gantung. Pula ada penginapan (mess) yang dilengkapi dengan lapangan volly, tenis, sepak bola, dan juga aula. 
Fasilitas di Kebuh Teh Semugih (Sumber: PTPN IX)
Menikmati Permainan di Tengah Kesejukan Kebuh Teh Semugih (Sumber: PTPN IX)
Jadi, akan sangat menyenangkan untuk memanjakan diri dengan berlibur ke Agrowisata Kebun Teh Semugih. Apalagi, di sekitar desa Banyumudal sendiri juga masih ada tempat wisata yang bisa dinikmati. Seperti pemandian di sekitar Sungai Ganggrang yang menyimpan legenda terjadinya desa Banyumudal, yang dilengkapi dengan pesona alam di kawasan telaga Cempaka Wulung yang bening penuh nuansa harmoni.
Bagi yang dari luar kota, tidak perlu khawatir, karena di Pemalang terdapat penginapan dan hotel yang siap melayani kebutuhan akomodasi wisata para pengunjung. Sebut saja Hotel Segoro, yang menyediakan paket-paket layanan dengan harga terjangkau dan siap memandu pengunjung untuk menikmati pesona alam di Kabupaten Pemalang

Referensi:

No comments:

Post a Comment

.comment-content a {display: none;}